Rabu, 17 Februari 2010

Pendrive Linux

Diposting oleh mika di 05.02

Pendrive Linux adalah salah satu distribusi Linux turunan dari mandriva. Linux ini berukuran kecil namun memiliki fasilitas yang lengkap sebagai sebuah Operating System(hanya sebesar 400mb). Saat menulis review ini sendiri saya menggunakan usb flash drive sebesar 2gb untuk mebootnya. Anda sendiri bisa memakai usb fd dengan kapasitas yang lebih kecil untuk meboot Linux mini ini. Fitur apa saja yang dimiliki oleh Pendrive Linux, mari kita bahas satu persatu.

Pendrive Linux menggunakan KDE 3.5 sebagai desktop interfacenya. Hal ini menjadikan Pendrive linux sangat user friendly mengingat manajemen desktopnya yang mirip dengan windows. Kita akan menjumpai tombol start dipojok kiri bawah dengan isi menu action yang isinya cukup mirip dengan windows seperti tombol find(search), run command, switch user, log out menu dll. Di atasnya terdapat menu all application yang terdiri dari menu utama pendrive Linux yang berisi configurasi, office, multimedia, internet dll.

amarok
amarox player

Bagaimanakah dengan aplikasi yang dimiliki oleh turunan mandriva Linux ini? Cukup lengkap bila ditinjau dari ukuran OS ini yang hanya 400mb. Untuk aplikasi perkantoran kita akan mendapati aplikasi yang hampir sama lengkapnya dengan ms office seperti word processors dengan KWord, Spreadsheet dengan KSpread, presentation dengan KPresenter, Karbon 14 untuk desain grafis dll. Linux ini juga sudah dilengkapi dengan Firefox dan Konqueror untuk browsing,aplikasi chat,messaging, file transfer dan aplikasi lain untuk penunjang. Amarok dan jux juga sudah disediakan untuk memutar mp3, serta KMPlayer gxine untuk memutar film. Kita juga sudah mendapatkan built in cd burner yang powerfull bernama K3b, Drakbackup untuk membackup data serta ark sebagai pengganti WinZip.

software management milik pendrive
software management milik pendrive

Manajemen package dan software yang rapi memungkinkan kita bila ingin menambah aplikasi yang diinginkan dengan mudah.Live update juga tersedia disini bila kita menginginkan update software secara online.

Untuk Konfigurasi Internet kita bisa mensettingnya dengan mudah dengan mengklik simbol network dan memilih koneksi apa yang akan kita pakai.

Kesimpulan: Pendrive Linux adalah pilihan yang baik bagi anda yang menginginkan sebuah OS yang ringan, bertenaga dan memiliki mobilitas. Kekayaan fitur dan aplikasi yang dimiliki serta ukurannya yang tidak begitu besar membuatnya sangat pantas untuk anda coba

0 komentar on "Pendrive Linux"

 

mieka_bLOG's Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez